Lukisan Alam Puri Asri Magelang

IMG_6238Mungkin sebagian besar orang belum begitu tahu bagaimana suasana dan pemandangan di hotel tersebut. Pada kesempatan kali ini penulis ingin share aja tentang liburannya beberapa bulan yang lalu di Hotel Puri Asri sambil sedikit review dan curhat ya! Hehehehe….

Libur beberapa bulan yang lalu tepatnya liburan Hari Raya Waisak kemarin. Tadinya sih kami punya rencana liburan untuk pergi ke waterboomnya  Solo namun akhirnya beralih menjadi ke Magelang  dengan alasan cuaca yang tidak mendukung dan jarak yg lebih jauh daripada Magelang. Awalnya sih tahu tentang Hotel Puri Asri itu karena mendengar celotehan anak bos saya yang habis liburan kesana. Tadinya berpikir kalo Puri Asri itu semacam waterboom. Akhirnya sempet googling dan ternyata itu sebuah hotel yang terletak tidak terlalu jauh dari alun-alun Magelang,tepatnya berada disamping persis Taman Kyai Langgeng.

Perjalanan kami dimulai sekitar jam 9 pagi dari Jogja  karena sebelumnya mau mampir dulu ke candi Borobudur untuk melihat acara Waisak. Dengan motor bebek warna biru kita mulai meluncur ke arah Borobudur terlebih dahulu. Ketika sudah sampai ke arah belokan Kawasan candi Borobudur,ternyata jalan ditutup karena ada acara Waisak itu. Ya sudah jalannya dialihkan ke arah lain. Karena semangat banget pengen nonton acara itu,akhirnya kami melewati  jalan yang sudah diarahkan oleh para petugas Polantas. Memang benar apa kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”,hehehehe…Meskipun kami belum pernah melewati jalan baru itu,kami tetep aja melaju dengan motor. Udah nggak pernah takut nyasar dengan adanya GPS. Jaman makin canggih,nggak tau jalan tetep aja bisa nyampe ! Gadget oh Gadget….You’re very smart !! hahaha….

Melewati  setiap belokan dan mencoba menikmati  pemandangan di jalan, tapi kok rasanya kok lama banget sampainya. Firasat mule berkata jangan2 jalan alternatifnya itu jalan yang lebih jauh….hadeeehhh…mule BT deh !!  Dan memang benar jalan alternatif yang sudah diarahkan itu memang jalan yang lebih jauh untuk menuju ke Candi Borobudur. Mau balik udah nanggung soalnya udah setengah jalan. Yah sudah….pasrah aja deh!! Sekali2 jalan jauh yang penting ada someone yang selalu menemani. Ihiiiiiiir…….(love)

Lumayan hampir 1 jam kami sampai ke area Candi Borobudur. Jelas pasti macet karena ada acara Waisak. Udah deket nih sama pintu masuk loket, jadi enggan masuk karena hari sudah panas dan jalannya pasti jauh.  Sambil merayu si doi buat puter balik aja untuk melanjutkan perjalanan kami ke tujuan utama yaitu Hotel Puri Asri. Si Doi memang orang yang paling sabar yang pernah aku temui…Terimakasih Cinta kalo kata Mas Afgan….hehehe… Lanjut deh jalan lagi meskipun cuma numpang lewat aja. Jalan menuju ke arah Puri Asri pun kami tempuh dengan jarak lumayan jauh. Dan kalo diitung2 itu dari Borobudur ke tempat tersebut hampir memakan waktu sekitar 1 jam. Memang kami kurang kerjaan sambil menunggu jm 1 siang biar bisa langsung check-in untuk masukin barang2 kami.

Lalala Yeyeye……..Welcome to Puri Asri Hotel !!!

Kesan pertama saat kami memasuki area Puri Asri itu cukup kagum karena secara yang pada liburan kesitu pada bermobil,sedangkan kami hanya pakai motor. Kalo dari websitenya sih memang Puri Asri itu terbilang hotel  yang berbintang 5. Dengan kepercayaan diri yang tinggi,kami cuek saja masuk ke area lobby untuk proses check in karena sebelumnya kami sudah booking via telepon dan sudah membayar lunas untuk 1 malam saja. Kami memesan tipe superior room saja lah karena tipe yang paling murah dan  cuma mau numpang tidur aja, selebihnya waktu bakal dipake keluar buat menikmati suasananya dan bernarsis ria.  Yah maklum liburan sedikit berkelas tapi dengan kantong mahasiswa (laugh). Tarif untuk superior room itu sekitar Rp. 790.000,00 dengan fasilitas twin beds, mini bar, hot/cool water, bathroom with shower,tea-coffee making facilities,fridge dan private terrace.  Disana juga ada beberapa tipe room seperti executive room, royal suite dan penthouse.

Proses administrasi sudah selesai dan saatnya menuju kamar menaruh barang2 bawaan. Sebelum menuju kamar kami dipersilahkan untuk menunggu terlebih dahulu sampai Room Boy datang. Tik tok…tik tok…lumayan beberapa menit kami menunggu tapi belum ada yang menghampiri kami. Resepsionis pun tidak memberi sinyal room boy yang mana yang akan mengantar kami sampa ke depan pintu kamar. Kami sempat melihat seorang petugas hotel yang berdiri dekat pintu lobby. Mulai berpikir mungkin itu room boy nya. Tapi kenapa tidak terlihat mencari tamu dan memanggil nama pemesan kamar. Lalu Si Doi bertanya kepada pihak resepsionis tentang keberadaan room boy. Dan resepsionis pun menunjuk ke arah seorang laki2 yang tadi ada di pikiran kami. Dengan sedikit gondok kami memanggilnya dan batinku sedikit berkata. Mungkin dari penampilan kami tidak terlihat seperti tamu hotel..hahahhahaa…

Lalu kami mengikuti mas nya yang mengantar kami dengan motor. Sempet ketawa karena antara tamu dan room boy sama2 menggunakan motor. Sampai pak satpam yang ada di gerbang hotel pun terlihat seperti tidak percaya bahwa kami adalah tamu hotel. Maklum lah kami memang low profile orangnya (wink).  Sambil menuju kamar kami melihat pemandangan yang hijau,segar dan luar biasa bagus. Jadi nggak nyesel kalo udah bayar mahal karena panorama yang disuguhkan begitu menarin dan mampu menghilangkan kepenatan kami. Tibalah kami di dpn pintu kamar kami. Semakin puas karena kamar yang dipilihkan itu terdapat sebuah pemandangan Gunung Sumbing. Jadi kalo kita buka jendela kamar bisa langsung lihat bagaimana indahnya lukisan alam tersebut.

Waktu untuk memasukkan barang bawaan kami sudah selesai dan saatnya kami untuk menyusuri setiap sudut Puri Asri dengan bernarsis ria. Tujuan pertama kami adalah sudut dimaa terdapat tulisan “Hotel Puri Asri”. Seperti kata dosen saya saat kuliah,kalo pergi kemana gitu belum foto di depan tulisannya tempat wisata belum afdol…hehhehehe….Pemotretan di sudut utama udah kelar dan mulai melanjutkan penyusuran kami ke area play ground. Semakin takjub dengan pesona alam Puri Asri karena di area playground ditumbuhin banyak rumput yang hijau dan tepat disampingnya ada Sungai Progo yang mengalir. Bagi para pecinta rafting pasti tidak asing lagi mendengar nama sungai itu. Yepp….Sungai Progo memang termasuk ke dalam manajemen Hotel Puri Asri. Di sekitar area playground dilengkapi beberapa permainan anak seperti prosotan,jungkat jungkit,ayunan,tempat untuk memanjat anak2 yang dicat berwarna-warni yang semakin menambah keindahan suasan sekitarnya. Kembali ke jaman kanak2 deh dengan main2 di playground. Disamping playground terdapat 1 kolam yang ada becak airnya. Wah enak nih main becak air sama Si Doi…hehehhee…dan lebih senengnya lagi ternyata becak airnya gratis kalo kita merupakan tamu hotel. Lumayan lah menghemat kantong. Kami berdua pun main2 diatas becak air sambil foto2 kayak prewed aja ! (love)….

Sudah puas main dengan becak air kami pun mencoba permainan sepak bola yangg diatas meja yang disebut dengan istilah “Foosball Table”. Ternyata susah ya mainnya secara saya juga tidak terlalu suka sepak bola. Puas dengan permainan itu walaupun nggak bisa mainnya,kami terus berjalan menuju area dimana ad beberapa sepeda yang gratis dipakai untuk berkeliling sekita area tersebut. Ada 2 jenis tipe sepeda yaitu sepeda dengan stang  dan sepeda tak berstang. Kalo sepeda dengan stang sudah biasa naiknya. Penasaran cara pakainya akhirnya nyobain juga. Lumayan susah sih karena sebelumnya belum pernah lihat sepeda model itu. Malah Si Doi yang lebih jago menaikinya. Ternyata untuk menggunakan sepeda tersebut memang dibutuhkan keseimbangan juga dan kaki adalah kunci untuk mengarahkan ke arah mana roda sepeda ini akan melaju. Awalnya miring2 terus nggak bisa jalan…hahahaha…dengan semangat pantang mundur dan bimbingannya akhirnya bisa juga deh dan berkeliling2 dengan Si Doi sambil tetap mengabadikan setiap moment  yang ada. Hari pun sudah semakin sore dan cuaca mulai mendung saatnya kembali ke kamar untuk beristirahat dengan ditemani rintik2 hujan dan mengisi ulang tenaga untuk melanjutkan penyusuran esok hari lagi.

Keesokan harinya cuaca pun sangat bersahabat. Cerah dan sejuk dengan udara segar di sekitar kamar. Bangun tidur rasanya fresh banget karena udara di sekitar yang jauh dari kata polusi.  Rencana pun mulai disusun  sebelum waktu check-out habis. Karena hari ini kami akan berenang jadi kami pun memulai penyusuran kami  dengan tidak mandi terlebih dahulu. Bau-bau asem dikit nggak apalah..hehehehe…Pertama yang ingin kami kunjungi bukan kolam renangnya langsung. Tapi kami berkeliling sport area di sekitar hotel. Fasilitas sport area di Hotel Puri Asri memang cukup lengkap dan semua itu gratis boleh dipakai oleh pengunjung hotel.  Ada area basket,tenis meja,badminton dan voli. Sayangnya kami nggak nemu fasilitas football area disana. Sudah capek basket, kami pun merasa lapar dan menuju restonya untuk breakfast. Sesampainya di tempat tersebut lumayan laper mata pengen ini itu. Habisnya menu makanan yang disuguhkan pun beraneka ragam dari makanan pribumu hingga bule. Untuk rasanya terbilang cukup enak dan nikmat di lidah. Dari resto tersebut kami jadi tahu kalo banyak sekali tamu di hotel tersebut termasuk saya dan Si Doi.

Perut sudah kenyang dan saatnya menuju ke area selanjutnya. Kemarin sih cuma main2 aja di samping Sungai Progo. Kalo kali ini kami ingin bermain air di Sungai Progo sambil mengabadikan panoramanya. Puas bermain air coklat di Sungai Progo,kami melanjutkan ke area berikutnya yaitu kolam renang. Wah main air lagi deh,sukaaaa bangeeeet !!! Fasilitas free tiket masuk ke kolam renang pun kami manfaatkan sebagai pengunjung hotel. Lumayan lah hemat di kantong lagi soalnya kalo buat umum bayar sekitar Rp. 15.000an (agak nggak inget tarifnya berapa) . Ganti kostum dulu sebelum berenang dan saatnya main air. Ada bebarapa kolam renang disini dari untuk anak2 hingga dewasa. Untuk kolam dewasa paling dalem itu 2m. Suasana kolam renang outdoor yang sangat menawan karena airnya pun juga sangat jernih.  Satu jam berlalu dan hari pun sudah mulai siang. Saatnya kami untuk bersiap2 pulang. Rasanya masih pengen stay di hotel ini karena belum puas. Tapi apa daya kantong tidak mendukung kalo harus menginap 2 malam….hahahhaha….

Sekian ulasan saya tentang Hotel Puri Asri  dan panorama sekitarnya. Menurut saya, Hotel Puri Asri merupakan hotel dengan panorama yang indah dan memiliki udara yang sangat segar.  Antara harga dan fasilitasnya pun sesuai.  Jadi bagi anda yang bingung ingin kemana saat liburan,mungkin Hotel Puri Asri bisa menjadi salah satu alternatif tujuan liburan anda beserta keluarga.

Leave a Reply

2 Comments on "Lukisan Alam Puri Asri Magelang"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
TomTom
Guest

dulu pernah kesitu rafting

mena
Guest
mena

hehehhe…rafting progo mesti ki