Makan Kebab Asli Langsung di Negaranya

By | 8 Maret 2019

Bagi kebanyakan orang Indonesia pastinya sudah nggak asing dengan makanan khas Turki yang disebut  “Kebab”. Dalam bayangan kita pasti mikir kebab itu ya seperti “Kebab Turki Baba Rafi” dengan bentuk kulit rotinya digulung lalu diisi dengan irisan daging dan sayuran dengan mayonese dan saos sambal. Nah ternyata kebab asli di Turki itu penyajiannya nggak sama dengan yang di Indonesia. Kalo di Indonesia kebab itu ya bentuknya hanya 1 jenis, tapi kalo di Turki kebab itu banyak macamnya. Dan masyarakat Turki menyebut semua makanan yang berasal dari daging itu dengan nama “Kebab”.

Selama jalan-jalan ke Turki kemarin hampir setiap lunch dan dinner menunya kebab terus. Setiap makan kebab bentuk dagingnya beda-beda dan ternyata bentuk daging yang berbeda ini juga mempengaruhi dalam penyebutan jenis kebab serta cara mengolahnya. Dalam penyajiannya kebab juga selalu ditemani dengan roti, sup dan salad segar. Dibawah ini adalah beberapa jenis kebab yang sudah saya coba selama di Turki.

Kathi Kebab

Cara memasak kebab kathi yaitu dengan melilitkan potongan daging ke tusuk sate yang terbuat dari besi. Saat itu kebab yang saya makan terbuat dari daging ayam fillet.

Adana Kebab

Jenis kebab ini terbuat dari daging giling yang sudah dicampur dengan bumbu khas Turki. Katanya sih kebab ini sering menggunakan campuran antara daging sapi dan domba dalam olahannya. Nah pas saya makan dulu memang teksturnya seperti dari daging sapi.

Chapli Kebab

Kebab yang dagingnya menyerupai seperti daging burger. Sayangnya pas makan kebab ini lupa foto karena saking bosennya makan jadi udah gak ada mood buat ambil gambar 😀

Doner Kebab

Ini adalah kebab yang pertama kali saya makan waktu menginjakkan kaki pertama kali di negara Turki. Yahhhh….memang tidak sesuai bayangan karena yang dibayangkan adalah kebab ala Indonesia. Ternyata maksud dari doner kebab itu adalah kebab yang dagingnya dibuat dari daging panggang yang diputar seperti alat panggang daging kebab di Indonesia. Mungkin karena kecewa tak sesuai bayangan ditambah lagi udah kelaparan jadi pas makanan dibuka lupa difoto. Cuma punya foto boxnya aja 😛

Semua jenis kebab di Turki ini cara memasaknya dengan dipanggang. Kalo dari rasanya sih,semua jenis kebabnya enak. Tingkat kematangan dagingnya well done lah ya. Rata-rata porsi kebab disini lumayan banyak dan karena kami ini turis Indo jadi makan kebabnya selalu pake nasi 😀 Bisa bayangin kan ya kenyangnya seperti apa. Kalo kalian udah pernah cobain yang mana nih??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.